Merebak Isu Mutasi Di Aceh Tengah

instagrid_2017311132847586

TOSKOMI.COM || Aceh Tengah (11/3) Beredar informasi di masyarakat bahwa Aceh tengah juga akan ada kabar gembira tentang perombakan jabatan di ruang lingkup pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Hal ini sedikit ada kebenaran dari keberangkatan orang nomor 1 di Aceh tengah ke Jakarta, diduga keberangkatan kepala daerah tersebut hampir di pastikan bertandang ke Kemendagri terkait izin pemutasian pejabat.

Toskomi.com berharap sekali bahwa pemerintah Aceh tengah ini harus di pacu agar sisa masa jabatan Nasaruddin dan Khairul Asmara dapat menyelesaikan program dan visi misi nya yang pernah di ikrarkan lima tahun silam kepada rakyat Aceh tengah.

Tentu menjadi kewajaran bila ada kepala daerah yang ingin menuntaskan program kerjanya namun terhambat akibat struktur pemerintahan yang menjadi kendala di lapangan sehingga program atau keinginan kepala daerah tersebut dapat terhambat apabila pendukung pelaksana seperti instansi yang berkaitan sudah tidak lagi mengindahkan perintah kepala daerah.

Berbicara mengenai beberapa aturan untuk melegalkan pemutasian pejabat tentu kita harus mengkaji dasar hukumnya terlebih dahulu, amatan Toskomi.com dari pendapat Humas Kemendagri ketentuan larangan pemutasian tertera pada Pasal 71 ayat 2 UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan gubernur dan wakil gubernur, Bupati dan Walikota menjadi undang-undang.

Lengkapnya pasal tersebut berbunyi : “Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota di larang melakukan pergantian pejabat 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapatkan persetujuan tertulis dari menteri dalam negari.

Namun apakah Orang nomor satu di Aceh tengah berani menggunakan kebijakannya seperti apa yang di lakukan Gubernur Aceh dalam melakukan pemutasian atas dasar UU UUPA.

Diperkirakan Orang orang dan jabatan yang akan di mumutasikan oleh Bupati yang pernah menjabat selama 12 tahun di Aceh tengah, antara lain : Kepala Dinas PU Khairudin Yoes digantikan oleh Erwin ST. Yang saat ini menjabat sebagai kepala dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman.

Tidak juga ketinggalan isu tentang pindah posisi di ruang lingkup Pemda Aceh tengah antara lain : Shubandhi yang saat ini menjabat asisten 3 akan menduduki staf ahli bidang pemerintahan.

Informasi ini Toskomi.com dapatkan dari beberapa diskusi masyarakat di warung kopi, tentu i formasi ini bisa saja benar dan bisa saja tidak benar. (D23)

Komentar

Loading...